7 Cara Meningkatkan Produktivitas Diri

7 cara meningkatkan produktivitas diri – Seringkali kita malas untuk memulai beraktivitas, rasanya hanya ingin menikmati hari dengan bersantai saja. Dalam membangun produktivitas dalam diri memang tidak mudah dilakukan. Hal ini, karena dalam produktivitas dibangun dengan kebiasaan dan motivasi yang kuat dalam beraktivitas yang baru dari biasanya. Berikut adalah cara meningkat produktivitas dalam diri :

1) Bangun Lebih Pagi Untuk Mempersiapkan Diri

Cara pertama untuk meningkatkan produktivitas diri adalah bangun lebih pagi untuk mempersiapkan diri. Dengan bangun lebih pagi dari biasanya, kita sudah mulai melakukan aktivitas yang produktif. Hal ini karena kita sudah mempersiapkan diri kita untuk memulai aktivitas.

Mulai dari bangun sebelum subuh, mandi di pagi hari, membersikan kamar dan bersiap memulai hari dengan berdoa terlebih dahulu kepada sang pemilik Arsy merupakan aktivitas produktif yang bisa dilakukan. Sebagaimana dalam hadist Rasulullah SAW berikut tentang jaminan seserang yang sholat subuh di awal waktu :

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى صَلَاةَ الصُّبْحِ فَهُوَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ فَلَا يَطْلُبَنَّكُمْ اللَّهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ فَإِنَّهُ مَنْ يَطْلُبْهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ يُدْرِكْهُ ثُمَّ يَكُبَّهُ عَلَى وَجْهِهِ فِي نَارِ جَهَنَّمَ

Barangsiapa yang shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.” (HR. Muslim no. 163)

2) Sempatkan Olahraga Ringan

Cara kedua untuk meningkatkan produktivitas diri adalah sempatkan olahraga ringan. Berolahraga dipagi hari dapat meningkatkan imun dan mood kita sebelum memulai aktivitas. Membuat tubuh menjadi sehat adalah bentuk ikhtiar kita dalam menjaga kesehatan tubuh dan rasa syukur kita kepada yang menciptakan.

Menjaga kesehatan bagi seorang mukmin agar kuat fisik dan imannya sangat dianjurkan dalam islam. Dengan tubuh yang sehat dapat maksimal dalam beribadah dan beraktivitas.

عن رفاعة بن رافع قَالَ : (( قَامَ أَبُو بَكْرٍ الصِّدِّيقُ عَلَى الْمِنْبَرِ ثُمَّ بَكَى فَقَالَ : قَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَامَ الأَوَّلِ عَلَى الْمِنْبَرِ ثُمَّ بَكَى فَقَالَ : “اسْأَلُوا اللَّهَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فَإِنَّ أَحَدًا لَمْ يُعْطَ بَعْدَ الْيَقِينِ خَيْرًا مِنْ الْعَافِيَةِ” ))

Dari Rifa’ah bin Rafi’ berkata, “Abu Bakar Ash-Shiddiq berdiri di atas mimbar lalu menangis. Kemudian ia berkata: ‘Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada tahun pertama hijrah berdiri di atas mimbar, lalu menangis, dan bersabda: “Hendaklah kalian memohon kepada Allah ampunan dan keselamatan/kesehatan. Setelah dikaruniai keyakinan (iman), sesungguhnya seorang hamba tidak diberi karunia yang lebih baik daripada keselamatan/kesehatan.”[1]

Yang dimaksud dengan [الْعَافِيَةِ] “afiyah” adalah keselamatan dunia-akhirat, keselamatan dunia yaitu selamat dari penyakit dengan kata lain adalah kesehatan.

3) Membuat to-do-list harian

Cara ketiga untuk meningkatkan produktivitas diri adalah membuat to-do-list harian. Supaya aktivitas yang kita lakukan menjadi produktif, maka dianjurkan untuk membuat to-do-list terlebih dahulu sebelum memulai aktivitas.

Hal ini perlu dilakukan, agar setiap aktivitas kita menjadi terarah dan terencana. Dengan membuat strategi, pekerjaaan kita dapat selesai dengan tepat dan dapat mencapai dalam diri yang kita inginkan.

4) Buat Tempat Kerja yang Nyaman

Cara keempat untuk meningkatkan produktivitas diri adalah membuat tempat kerja yang nyaman. Tempat kerja yang nyaman dapat memberikan energi positif bagi kita untuk beraktivitas.

Misal mulai dari membersihkan ruang kerja, menata ruangan dengan rapi, membereskan dokumen dan sebagainya. Ini merupakan cara meningkatkan produktivitas dalam diri.

Selain itu dalam Islam sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan. Rasulullah SAW bersabda untuk membersihkan segala sesuatu karena Islam dibangun atas kebersihan.

تَنَظَّفُوْا بِكُلِّ مَا اِسْتَطَعْتُمْ فَاِنَ اللهَ تَعَالَي بَنَي الاِسْلاَمَ عَلَي النَظَافَةِ وَلَنْ يَدْخُلَ الْجَنَّةَ اِلاَ كُلُّ نَظِيْفٍ

Artinya: “Bersihkanlah segala sesuatu semampu kamu. Sesungguhnya Allah ta’ala membangun Islam ini atas dasar kebersihan dan tidak akan masuk surga kecuali setiap yang bersih.” (HR Ath-Thabrani).

5) Kerjakan dari yang Terpenting

Cara kelima untuk meningkatkan produktivitas diri adalah kerjakan dari yang terpenting. Mulai membuat prioritas aktivitas yang dikerjakan terlebih dahulu. Selain itu membuat target penyelesaian pekerjaan yang dilakukan dapat meningkatkan produktivitas diri kita sehingga aktivitas kita menjadi sistematis dan terarah.

6) Hargai Progress Kecil Setiap Hari

Cara keenam untuk meningkatkan produktivitas diri adalah dengan menghargai progress kecil yang sudah kita lakukan setiap harinya. Memberikan apresiasi terhadap diri atas apa yang sudah dikerjakan, dan bersyukur atas nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita sampai dengan saat ini. Sebagaimana dalam surah berikut, Allah SWT berfirman :

يا أيها الذين آمنوا كلوا من طيبات ما رزقناكم واشكروا لله إن كنتم إياه تعبدون

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah” (QS. Al Baqarah: 172)

7) Jauhi Distraksi

Cara ketujuh untuk meningkatkan produktivitas diri adalah dengan menjauhi distraksi. Misal dengan menjauhi hal-hal yang membuat kita tidak fokus dan menghambat pekerjaan kita. Menyibukkan diri dengan hal-hal yang postif dan melakukan aktivitas sesuai dengan rencana yang sudah dibuat sebelumnya.

 

Leave a Comment