Memanfaatkan Media Sosial Untuk Tabungan Akhirat

Memanfaatkan media sosial untuk tabungan akhirat – Pernahkah kamu tidak melihat gedget selama seharian? Kalau ya, Bagaimana rasanya? tentu membosankan bukan? sehari tanpa gedged seperti ada yang kurang lengkap dalam aktivitas kita. Terlebih lagi perkembangan teknologi semakin pesat yang dapat memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), sekitar 196,71 juta orang Indonesia atau sekitar 73,7% telah terhubung dengan jaringan internet pengguna sepanjang tahun 2019-2020. Hal tersebut terlihat bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia cenderung menggunakan internet dalam segala hal, terutama dalam berkomunikasi dan mencari informasi, baik dalam keperluan yang penting, privasi maupun dalam keperluan sekedar hiburan. Bahkan kadangkala menjadi pelarian dalam menghabiskan waktu dengan berselancar tanpa mengenal waktu.

Media sosial memang berpengaruh sekali dalam kehidupan kita. Seakan sudah menjadi kebutuhan utama dalam hidup kita. Namun bagaimana jika generasi muda bisa memanfaatkan media sosial untuk tabungan akhirat? justru hal ini lebih berfaedah bukan, karena mendapatkan pahala dan kebaikan baik di dunia dan akhirat. Berikut adalah cara memanfaakan media sosial agar lebih bermanfaat :

1) Mencari informasi yang bermanfaat

Seiring dengan perkembangan zaman, informasi yang ada di internet menjadi semakin luas. Sehingga informasi yang ada di media sosial mudah sekali dikonsumsi oleh dewasa maupun anak kecil. Hal ini, dapat berdampak positif jika informasi yang di konsumsi itu baik. Namun sebaliknya, jika informasi yang dikonsumsi tersebut negatif dapat menjadi bumerang bagi kehidupan kita maupun generasi berikutnya.

Seyogyanya kita dapat memanfaatkan media sosial yang ada dengan bijak dan positif. Salah satunya dengan menjadikan media sosial sebagai sarana untuk mencari informasi dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat, sebagaimana Rasulullah shallalhu ‘alaihi wassallam bersabda,

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًايَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا,سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا إِلَى الجَنَّةِ . رَوَاهُ مُسْلِم

Barangsiapa menempuh satu jalan (cara) untuk mendapatkan ilmu, maka Allah pasti mudahkan baginya jalan menuju surga.(HR. Muslim)

2) Biasakan bertabayyun

Sebagai seorang muslim, kita harus bersikap tabayyun terlebih dahulu dalam menerima informasi atau berita. Hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisir kesalahan informasi atau berita yang tidak benar dan tidak bisa dipertanggungjawabkan. Sehingga kita dapat memanfaatkan informasi yang kita terima dengan bijak. Seperti dalam firman Allah pada surah Al-Hujurat ayat 6,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَىٰ مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.” (QS. Al-Hujurat: 6)

3) Menjadikan media sosial untuk menyebarkan kebaikan dan ingat kematian

Kematian itu pasti dan kita tidak akan pernah tahu kapan kematian datang. Dengan mengingat kematian dapat menjadikan diri kita untuk semangat memanfaatkan sisa umur kita dalam berbuat kebaikan. Kebaikan  dapat dilakukan dengan banyak cara yaitu bisa dalam bentuk lisan maupun perbuatan.

Salah satunya adalah dengan menyebarkan kebaikan melalui media sosial. Salah satu cara berdakwah kaum muslimin akhir-akhir ini pun tidak terlepas dengan media sosial, seperti yang di terangkan dalam sebuah hadis. Imam Muslim meriwayatkan dalam kitab Shahih-nya, dari sahabat Uqbah bin ‘Amr bin Tsa’labah radhiyallahu ’anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam bersabda,

من دَلَّ على خيرٍ فله مثلُ أجرِ فاعلِه

Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya.” (HR. Muslim)

Oleh karena itu, hendaknya kita sebagai kaum muslimin sudah dapat memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk menebar kebaikan dan berdakwah serta menyampaikan hal yang positif yang dapat meningkatkan ketakwaan dan keimanan.

4) Meminta keselamatan kepada Allah SWT dalam beraktivitas

Ada baiknya sebelum memnggunakan media sosial, kita meminta perlindungan kepada Allah SWT. Supaya kita dapat terhindar dari fitnah dan subhat akhir zaman yang banyak beredar dalam dunia maya, salah satunya maksiat yang diumbar dan dosa-dosa yang ditampakan.

Semoga kita dimudahkan untuk menjadi insan yang semakin bertakwa dan mengimani setiap syariat islam dan sunah baginda Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam. Sehingga kita bisa menjadi manusia yang bertanggung jawab dan memanfaatkan media sosial dengan bijak sebagai tabungan di akhirat. Aamiin.

Leave a Comment