Kenapa Mikirin Palestina? Negara Kita Aja Masih Susah!

Kenapa mikirin Palestina? Negara kita aja masih susah! – Pernahkah terbesit dalam pikiran kita, kenapa peduli dengan negara Palestina? Perlu kita ketahui bahwa Palestina adalah negara yang ikut serta dalam mendukung kemerdekaan Indonesia. Palestina juga merupakan negara yang pertama mengakui kedaulatan Negara Republik Indonesia (NKRI) sebelum resmi merdeka.

Kita tahu bahwa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan secara de facto pada bulan Agustus 1945. Untuk menjadi negara yang utuh tentunya membutuhkan pengakuan dari negara lain. Dikutip dari buku yang berjudul Diplomasi Revolusi Indonesia di Luas Negeri, Palestina mengakui kemerdekaan Indonesia disaat negara-negara lain belum memutuskan sikap. Pengakuan ini di lontarkan saat Indonesia masih di jajah oleh tentara Jepang. Pada September 1944, Mufti Besar Palestina, Syekh Muhammad Amin Al-Husaini mengakui dan mendukung kemerdekaan Indonesia sebelum negara arab yang lain.

Dalam buku yang di tulis oleh Ketua Panitia Pusat Perkumpulan Kemerdekaan Indonesia M.Zein Hassan Lc pada halaman 40 itu juga di terangkan bahwan pengakuan Mufti Besar Palestina, Amin Al-Husaini di umumkan melalui Radio Berlin Bahasa Arab. Berita tersebut di siarkan melalui radio selama dua hari berturut-turut. bahkan buletin harian “Al-Ahram” yang terkenal juga menyiarkan berita tersebut.

Perlu kita tahu juga bahwa negara Palestina mendukung kemerdekaan Indonesia saat itu dalam keadaan yang tidak baik-baik saja. Imigran Yahudi sudah mulai berdatangan dan meneror penduduk setempat. Meskipun begitu, Palestina tetap bersuara membela dan menyuaran Indonesia. Dan jika kita masih berpikir “ngapain mikirin Palestina, Negara kita aja masih susah!” ini adalah pemikiran yang dangkal dan tidak tahu diri. Karena jika kita ingin menjadi bangsa yang besar dan bermatabat maka pandailah untuk berbalas budi dan ingat akan kebaikan orang.

Selain itu, kita harus peduli dengan Palestina karena kita satu bapak, kita bersaudara. Negara Palestina adalah negara yang tanahnya di sucikan oleh Allah SWT dan tempat tinggalnya para nabi, serta tempat lahirnya para syuhada yang berjuang di jalan Allah SWT.

Leave a Comment