Hati-Hati Saat Berdoa! 6 Doa Ini Dilarang Allah SWT

Hati-hati saat berdoa! 6 doa ini dilarang Allah SWT – Sebagai umat islam kita dianjurkan untuk berdoa sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. Doa adalah senjata bagi orang mukmin untuk memohon kepada Allah SWT supaya semua harapannya dapat terwujud.

Berdoa merupakan salah satu ibadah yang tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga bahkan bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Allah SWT memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada hamba-Nya untuk memohon apapun.

Namun tidak semua doa mengandung kebaikan, Allah SWT maha mengetahui lebih dari hamba-NYA. Allah SWT hanya membolehkan setiap doa tertuju kepada-Nya, bukan pada lainnya. Karena hanya Allah yang memiliki kuasa untuk mewujudkan segala sesuatu. Sebagaimana firman Allah SWT :

“Berdoalah kepada Tuhan-mu dengan rendah hati dan suara yang lembut, Dia tidak menyukai orang –orang yang melampaui batas.” (QS Al-A’raf ayat 55)

Adapun yang dimaksud dengan melampaui batas adalah berdoa dengan mengeraskan suara, dan berdoa meminta sesuatu yang tidak pantas. Maka hati-hati saat berdoa, berikut adalah 6 doa ini dilarang oleh Allah SWT :

(1) Berdoa dengan hati yang lalai

Pertama, doa yang dilarang Allah SWT adalah berdoa dengan hati yang lalai. Misalnya saat melakukan shalat tidak khusuk dan melalaikannya, namun saat berdoa khusuk dengan harapan doanya dapat segera dikabulkan.

“Dan bersabarlah engkau (Muhammad) bersama orang yang menyeru Tuhannya pada pagi dan senja hari dengan mengharap keridaan-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia; dan janganlah engkau mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti keinginannya dan keadaannya sudah melewati batas.” (QS. Al-Kahfi : 28)

(2) Berdoa hanya untuk kebaikan dunia

Kedua, doa yang dilarang Allah SWT adalah berdoa hanya untuk kebaikan dunia. Segala perbuatan yang dilakukan di dunia ini akan dipertanggungjawabkan. Termasuk ibadah yang dikerjakan akan mendapatkan pahala jika dikerjakan sesuai dengan ajaran Allah SWT dan diniatkan sebagai ibadah.

Akan sangat rugi jika hanya berdoa untuk kebaikan yang sifatnya duniawi saja karena sesungguhnya kehidupan akhiratlah yang bersifat kekal. Sebagaimana dalam firman Allah SWT :

“Barangsiapa menghendaki kehidupan sekarang (duniawi), maka Kami segerakan baginya di (dunia) ini apa yang Kami kehendaki bagi orang yang Kami kehendaki. Kemudian Kami sediakan baginya (di akhirat) neraka Jahanam; dia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir.” (QS. Al-Isra : 18)

(3) Berdoa memohon keburukan untuk orang lain

Ketiga, doa yang dilarang Allah SWT adalah berdoa memohon keburukan untuk orang lain. Dalam islam dianjurkan untuk saling mendoakan anatar umat dalam kebaikan, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Sekalipun dalam keadaan di dzolimi, kita dilarang keras untuk berdoa meminta keburukan orang yang telah mendzolimi.

“Allah tidak menyukai perkataan buruk, (yang diucapkan) secara terus terang kecuali oleh orang yang dizalimi. Dan Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui.” (QS. An-Nisa: 148)

(4) Berdoa agar cepat mati (diwaktu diberi cobaan penyakit)

Keempat, doa yang dilarang Allah SWT adalah berdoa agar cepat mati (diwaktu diberi cobaan penyakit). Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah sekali-kali salah seorang dari kalian menginginkan mati. Dan, sesungguhnya apabila orang itu telah mati, terputuslah amalnya…” (HR Muslim)

(5) Berdoa memohon ampunan untuk orang kafir

Kelima, doa yang dilarang Allah SWT adalah berdoa memohon ampunan untuk orang kafir. Orang beriman dilarang berdoa untuk seseorang yang meninggal dalam keadaan kafir atau tidak percaya kepada Allah SWT. Bahkan orang beriman dilarang untuk memohon ampunan bagi mereka. Doa yang diperbolehkan untuk orang kafir adalah berdoa supaya mereka mendapatkan hidayah

“Dan janganlah engkau (Muhammad) melaksanakan salat untuk seseorang yang mati di antara mereka (orang-orang munafik), selama-lamanya dan janganlah engkau berdiri (mendoakan) di atas kuburnya. Sesungguhnya mereka ingkar kepada Allah dan Rasul-Nya dan mereka mati dalam keadaan fasik.” (QS. At-Taubah : 84)

(6) Berdoa agar doa dikabulkan ingatlah doa itu meminta bukan memaksa

Keenam, doa yang dilarang Allah SWT adalah berdoa agar doa dikabulkan ingatlah doa itu meminta bukan memaksa. Manusia mempunyai banyak keinginan, namun tidak semua keinginan itu baik bagi dirinya.

Allah SWT lebih mengetahui mana yang terbaik bagi hambanya. Sebagaimana firman Allah SWT :

“Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah : 216)

Orang beriman dilarang berdoa dengan mengatakan jika “engkau berkenan”, sebagaimana dalam hadist Rasulullah SAW berikut :

“ya allah ampunilah aku, jika engkau berkenan. ya allah rahmatilah aku jika engkau berkenan.” tapi hendaklah ia bersungguh-sungguh dalam memohon karena sesungguhnya tidak ada yang dapat memaksanya (HR. Bukhari)

Leave a Comment