Cara Allah Menyelamatkanmu dari Keburukan

Cara Allah menyelamatkanmu dari keburukan – Setiap orang pasti pernah merasakan kecewa bahkan mengalami kehancuran dalam hidupnya. Sering sekali ketika di hadapkan dengan masalah besar, sebagian orang sulit untuk bangkit kembali bahkan menyalahkan takdir yang diterimanya. Wajar saja jika demikian, karena manusia pada hakikatnya lemah, terbatas dan mudah sekali berprasangka.

Namun yang lebih bahaya adalah ketika ujian datang ia menjadi kufur bahkan sampai berbuat maksiat kepada Allah yang menyebabkan dirinya semakin jauh dari ketaatan. Hal yang perlu kita tanamkan ketika mendapatkan masalah adalah dengan tetap berprasangka baik dan berpegang teguh pada-Nya. Sebagaimana dalam QS. Al-Baqarah ayat 216, Allah ta’ala berfirman ;

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.”

Dalam ayat tersebut menjelaskan bahwa sesungguhnya apa yang ada di langit dan bumi adalah Kuasa-Nya. Adapun hal baik dan buruk yang terjadi pada setiap hamba-Nya merupakan rencana-Nya serta ada kebaikan bagi dirinya. Sungguh indah sekali cara Allah ta’ala menyelamatkan hamba-Nya dengan hal-hal yang tidak terduga, sebagai berikut :

1) Allah ta’ala berikan kamu kegagalan

Cara Allah Menyelamatkan Orang Beriman | Majelis Tabligh Muhammadiyah

Sebagian orang pernah berpikir tentang hal buruk yang dialaminya, hingga muncul pertanyaan “kenapa saya?, kenapa saya yang harus gagal? dsb”. Hal inilah yang menjadi penyebab awal prasangka buruk itu datang, hingga menyalahkan takdir dalam hidupnya. Hal yang perlu kamu ketahui adalah tidak semua kegagalan itu buruk bagi hidup kamu. Boleh jadi kegagalan yang kamu alami adalah bagian dari proses hidupmu untuk menjadi lebih baik.

Allah ta’ala memberikan kegagalan karena ada hal yang indah dari apa yang pernah kamu kerjar sekuat tenaga. Memang sulit bagi kamu untuk kembali melangkah kedepan, namun akan lebih sulit lagi saat kamu bisa mendapatkan apa yang kamu inginkan hari ini. Karena Allah ta’ala tahu apa yang kamu butuhkan setelahnya.

2) Allah ta’ala mundurkan langkahmu

Mundur Satu Langkah, Maju Tiga Langkah

Cara Allah ta’ala menyelamatkanmu dari keburukan adalah dengan membuat kamu mundur dari langkahmu. Karena Allah ta’ala tahu kamu akan melompat lebih dari apa yang kamu tuju hari ini.

3) Allah ta’ala hadirkan kesedihan dalam hidupmu

Hindari Larut dalam Kesedihan | NU Online Jatim

Allah ta’ala sengaja menghadirkan kesedihan dalam hidupmu karena Allah ta’ala tahu jika kamu berbahagia pada hari ini maka akan berlipat lagi rasa kesedihanmu di kemudian hari. Allah ta’ala mematahkan hatimu pada hari ini yang tak pernah kamu duga hingga membuat hatimu sakit sekali. Sebab Allah ta’ala tahu apa yang terbaik untuk masa depanmu bukan hanya di masa sekarang saja.

4) Allah ta’ala hancurkan rencanamu

Pernah Gagal Bukan Berarti Kamu Tidak Bisa Sukses - Amanat.id

Cara Allah ta’ala menyelamatkamu dari keburukan adalah dengan menghancurkan rencanamu saat ini. Karena Allah ta’ala tahu jika kamu berhasil akan berlipat rasa kesombongamu jika kamu mendapatkan semuanya. Karena Allah ta’ala sayang kepadamu, Allah ta’ala tidak ingin jika urusan akhiratmu berantakan. Allah ta’ala ingin menyelamatkamu dari siksa kubur dan api neraka yang sangat pedih.

Sungguh indah sekali cara Allah ta’ala menyelamatkan setiap hambanya dari perkara buruk dengan cara yang tak terduga. Allah ta’ala memberikan keselamatan dunia dan akhirat bagi hamba-Nya yang tidak tahu apa-apa dan terbatas pandangannya ini. Sebab yang terbaik menurut kamu belum tentu terbaik juga menurut Allah ta’ala pun sebaliknya.

 

 

 

 

 

Leave a Comment