Kisah Inspirasi-Hikmah dari Beberapa Sosok Wanita yang DiJaga Allah ta’ala

Kisah inspirasi-hikmah dari beberapa sosok wanita yang dijaga Allah ta’ala – Pada blog sebelumnya dijelaskan tentang bukti Allah ta’ala menjaga kedudukan wanita baik di dunia maupun akhirat. Sungguh indah cara Allah ta’ala menjaga kehormatan wanita dengan kebaikan. Adapun beberapa kisah inspirasi yang dapat di ambil hikmahnya dari beberapa sosok wanita yang terkenal dengan ketaatannya kepada Allah ta’ala sebagai berikut:

Asiyah Binti Muzahim

Siapa yang tidak kenal dengan Asiyah? Asiyah adalah seorang istri dari penguasa mesir yang sangat kejam pada saat itu adalah Fir’aun. Saat Asiyah diketahui beriman kepada Allah ta’ala, ia hendak di eksekusi mati oleh suaminya sendiri yakni Fir’aun.

Ketika Asiyah berada dalam kondisi tersebut, ia yakin bahwa Allah ta’ala selalu bersamanya, karena Allah ta’ala tidak akan meninggalkannya sendirian. Begitu berat penyiksaannya, kedua tangan dan kaki Asiyah di ikat pada empat buah tiang dengan posisi tubuh menghadap sengatan matahari. Kemudian tubuh Asiyah dicambuk dan ditinggalkan begitu saja oleh Firaun dan pengikutnya di padang pasir.

Namun siksaan yang pedih itu, tidak membuat iman Asiyah goyah. Fir’aun memerintahkan anak buahnya melemparinya dengan batu besar. Pada detik-detik terakhir menjelang kematian Asiyah, ia berdoa kepada Allah ta’ala yang di abadikan pada surat At-Tahrim ayat 11 yang artinya “Ya Rabbku, bangunkanlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam firdaus, dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya, dan selamatkanlah aku dari kaum yang zhalim.” Ini membuktikan bahwa Allah ta’ala begitu sayang kepada seorang wanita.

Ummu Sulaim Binti Milhan

Contoh kedua adalah Ummu Sulaim, beliau adalah seorang ibu yang di tinggalkan oleh anaknya meninggal dunia. Namun karena ia tawakal dan percaya bahwa Allah ta’ala selalu bersamanya. Allah ta’ala memberikan anak lain yang sangat shalih.

Maryam Binti Imran

Saat ibunda Maryam bersedih, Allah ta’ala mendatangkan Malaikat Jibril untuk menghiburnya dengan berkata “Jangan bersedih wahai maryam”.

Khadijah Binti Khuwalid

Ketika ibunda Khadijah kelelahan dengan semua kegiatannya untuk membantu Rasulullah berdakwah, Allah ta’ala berikan kabar gembira kepadanya dengan rumah di surga. Allah ta’ala juga menyampaikan salam kepadanya untuk menghibur ibunda Khadijah saat menjelang ajalnya.

Seorang pelacur yang di ampuni dosanya

Kisah ini mungkin tidak asing lagi oleh sebagian orang, hal ini diriwayatkan dalam HR.Bukhari “Ketika seekor anjing berputar atau mengitari pada sumur, dimana anjing itu hampir mati karena kehausan, tiba-tiba salah seorang pelacur dari Bani Israil datang menghampirinya. Pelacur itu melepas sepatu kulitnya untuk memberikan minum (dengan adah sepatunya) kepada anjing tersebut. Maka perempuan itu diampuni sebab demikian.”

Seorang wanita dengan penyakit

Kisah selanjutnya adalah seorang wanita yang memiliki penyakit ayan. Pada saat itu ia meminta di doakan Rasulullah supaya sembuh. Namun Rasulullah memberinya pilihan antara sembuh atau ia bersabar dengan penyakitnya. Wanita itu memilih bersabar dan dengan sabarnya ia pun masuk ke surga.

Khaulah Binti Tsalabah

Khaulah menikah dengan Aus bin Tsamit yang masih berusia senja dan mudah emosional. Pada saat itu terjadilah konflik dan bertengkar antara keduanya. Akhirnya Aus berkata pada Khaulah “kamu sebagaimana punggung ibuku” (Pada zaman dahulu jika sudah berkata seperti itu, berarti suami sudah tidak memiliki hasrat lagi terhadap istrinya yakni Khaulah.

Usai pertengkaran tersebut, Aus pun keluar dari rumahnya namun seketika ia kembali ke rumahnya dan berhasrat lagi terhadap Khaulah, namun Khaulah menolaknya. Aus menanyakan perkara ini kepada baginda Rasulullah, dan Rasul pun menyuruhnya untuk bersabar. Ternyata Khaulah berdoa kepada Allah ta’ala tentang masalah tersebut, kemudian tidak lama Allah ta’ala menurunkan surat Al-Mujadilah ayat 1. Hal ini menjadikan bukti bagi kita bahwa doa seorang wanita itu menembus sampai langitnya Allah ta’ala.

Zainab Binti Jahsy

Saat ibunda Zainab bercerai dengan zaid, Allah ta’ala menurunkan perintah agar Rasulullah menikahi Zainab.

Ummu Salamah

Saat Ummu salamah di tinggalkan oleh suaminya, Allah ta’ala mengantinya dengan suami yang terbaik seperti Rasulullah.

Itulah beberapa kisah inspirasi dari beberapa sosok wanita yang senantiasa menjalankan ketaatan kepada Allah ta’ala. Hingga akhirnya Allah ta’ala memberikan ganjaran kebaikan untuknya baik di dunia maupun akhirat. Semoga kita semua selalu dalam naungannya, Aamiin.

Leave a Comment