Bahasa Cinta Orang Tua Kepada Anak

Bahasa cinta orang tua kepada anak – Bahasa cinta adalah ungkapan ekspresi cinta orang tua kepada anaknya. Bahasa cinta ini penting untuk di terapkan, karena dapat mempengaruhi karakter dan respon anak terhadap lingkungannya.

Konsep bahasa cinta ini di kenalkan oleh Dr. Gary Chapman, konselor relationship sekaligus penulis seri buku love languages. Berikut ada lima bahasa cinta yang bisa di terapkan oleh para orang tua di rumah :

1) Memberikan pujian dan dukungan yang positif kepada anak (word of affirmation)

Bahasa cinta kepada anak yang pertama adalah dengan memberikan kata-kata berupa pujian dan dukungan yang ditujukan kepada anak. Ungkapan cinta ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak, hal ini menunjukan bentuk kasih sayang dan penghargaan atas usaha yang sudah dilakukan sang buah hati.

Contoh kata pujian dan dukungan yang bisa di terapkan para orang tua di rumah adalah :

  • Puji dan berikan dukungan pada hal-hal yang spesifik. Misalnya, “Rambut Adik cantik sekali karena sudah disisir” atau “Wah, Adik keren banget sih bisa menggambar robot!”
  • Taruh catatan berisi berbagai dukungan di dalam rumah dan minta ia menemukannya.
  • Ungkapkan hal-hal yang positif tentang si Kecil kepada orang lain dan biarkan ia mendengarnya

2) Menghabiskan waktu bersama (quality time)

Bahasa cinta kepada anak yang kedua adalah dengan menghabiskan waktu bersama dengan sang buah hati. Fokuslah pada kualitas waktu yang di habiskan bersama dengan saling bercerita mengenai hari masing-masing. Dengarkanlah dengan penuh perhatian ketika anak sedang bercerita tentang banyak hal.

Contoh menghabiskan waktu berkualitas dengan sang buah hati yang bisa di lakukan para orang tua di rumah adalah :

  • Pergi berduaan dengan anak, misalnya bermain di taman dekat rumah, berbelanja.
  • Melakukan berbagai aktivitas bersama di rumah dan fokus memberikan perhatian kepada anak misalnya tidak mengecek handphone.
  • Membacakan buku cerita sebelum tidur.

3) Memberikan hadiah (receiving gifts)

Bahasa cinta kepada anak yang ketiga adalah dengan memberikan hadiah kepada sang buah hati. Bahasa cinta yang satu ini tidak melulu soal pemberian hadiah yang mahal. Melainkan lebih mengarahkan anak terhadap makna dari pemberian hadiah tersebut.

Hal ini dapat menumbuhkan kepercayaan diri pada anak bahwa kehadiran mereka sangat penting bagi orang tuanya. Namun sama seperti pujian, hadiah tidak boleh diberikan terlalu sering agar tidak kehilangan maknanya.

Contoh pemberian hadiah yang bisa di lakukan para orang tua kepada anak adalah :

  • Berikan hadiah kecil setelah ia belajar hal baru.
  • Pastikan ayah dan bunda dapat mengekspresikan rasa cintanya, baik secara verbal maupun tertulis, ketika memberikan hadiah kepada sang buah hati.

4) Buktikan dengan tindakan yang positif orang tua kepada anaknya (acts of service)

Bahasa cinta kepada anak yang keempat adalah membuktikannya dengan tindakan yang positif kepada anaknya (talk less do more). Bahasa cinta yang satu ini harus di tunjukan melalui berbagai tindakan dengan memastikan bahwa kebutuhan anak sudah terpenuhi. Sehingga mereka merasa bahagia dan nyaman dengan orang tuanya.

Contoh bukti tindakan positif para orang tua kepada sang buah hati adalah :

  • Tawarkan bantuan ketika melihat anak kesulitan melakukan sesuatu setelah mereka berusaha.
  • Mendukung hobi atau keinginannya untuk mengasah keterampilan yang dimilikinya.
  • Buatkan makanan favoritnya.
  • Memperbaiki mainannya yang rusak.

5) Memberikan sentuhan fisik kepada anak (physical touch)

Bahasa cinta kepada anak yang kelima adalah dengan memberikan sentuhan fisik kepada anak. Sentuhan fisik bisa di lakukan dengan memeluk, merangkul, mengusap kepalanya, mencium keningnya, dan sebagainya. Terlebih lagi saat sang buah hati sakit, sedih, lelah bahasa cinta ini sangat di butuhkannya.

Namun seiring berjalannya waktu ketika sang buah hati telah tumbuh dewasa bahasa cinta ini jarang di lakukan, meskipun begitu tidak ada salahnya untuk tetap melakukannya dengan sewajarnya. Karena hal ini dapat mempererat hubungan yang harmonis antara anak dan orang tuanya.

Contoh memberikan sentuhan fisik orang tua kepada anaknya yang bisa di terapkan adalah :

  • Rutinlah berikan si Kecil pelukan, ciuman, dan tepukan lembut di punggungnya.
  • Memberikan dekapan kepada si kecil saat membacakan cerita atau menonton televisi.

Cinta memang tidak terbatas dan bisa diungkapkan dengan banyak cara. Jika anak merasa dicintai, ia akan menjadi anak yang tidak mudah takut, marah, serta tidak percaya diri. Jadi kenali bahasa cinta orang tua untuk anak yang tepat sejak dini ya.

Sumber : Amanda Sagarmatha (guesehat.com) dan satupersen.com

Leave a Comment