7 Keutamaan Menikah, Bagi yang Jomblo Perlu Banget Tau!

7 Keutamaan menikah, bagi yang jomblo perlu banget tau! – Siapa sih yang tidak ingin menikah? Terlebih bagi para jomblo yang lagi insecure soal jodoh. Menikah itu ladang pahala seumur hidup, engga hanya di dunia saja tapi juga di akhirat.

Menikah itu bukan hanya jadi alternatif menyalurkan biologis saja ,namun ada keutamaan lain yang di dapatkanĀ setelah menikah. Berikut adalah 7 keutamaan menikah, bagi yang jomblo perlu banget tau :

(1) Menyempurnakan Separuh Agama

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh ibadahnya (agamanya). Dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah SWT dalam memelihara yang sebagian lagi.” (At-Thabrani dan Hakim)

(2) Mendapat Pahala Sunnah

Dalam hadits berikut di riwayatkan, “Ada empat perkara yang termasuk sunnah para Rasul: rasa malu, memakai wewangian, bersiwak, dan menikah.” (HR. At-Tirmidzi)

(3) Membuka Pintu Rezeki

Allah SWT telah berjanji dalam firman-Nya, “Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu semua dan hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka dalam keadaan fakir dan miskin, Allah SWT akan mencukupkan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah SWT Maha Luas (pemberian-Nya) dan lagi Maha Mengetahui.” (QS. An-Nur:32)

(4) Memberi Nafkah Sedekah

“Jika seorang muslim memberi nafkah kepada keluarganya, dan ia berharap pahala dari itu, maka nafkah tersebut bernilai sedekah” (HR. Bukhari no. 5351)

(5) Bercanda Bersama Pasangan Berpahala

“Main-main (yang bermanfaat) itu ada tiga: engkau menjinakkan kudamu, engkau menembak panahmu, engkau bermain-main dengan istrimu.” (HR. Ishaq bin Ibrahim Al-Qurrab)

(6) Bermesraan dan Berhubungan Intim Bernilai Pahala

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Hubungan intim antara kalian adalah sedekah”. Para sahabat lantas ada yang bertanya, ‘Wahai Rasulullah SAW, bagaimana mungkin kami mendatangi istri kami dengan syahwat itu malah mendapatkan pahala?’

Beliau menjawab, ‘Bukankah jika kalian bersetubuh pada wanita yang haram, kalian mendapatkan dosa? Maka demikian pula jika kalian bersetubuh dengan wanita yang halal, kalian akan mendapatkan pahala” (HR. Muslim no. 1006)

(7) Berpeluang Mendapat Pahala Jariyah

Mendapatkan pahala jariyah jika mampu mendidik anak yang sholeh/sholehah, “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara: sedekah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya, atau doa anak yang shalih” (HR. Muslim no. 1631)Ā 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *