5 Amalan Supaya Dimudahkan Rezekinya

Rezeki adalah segala sesuatu yang didatangkan dari Allah baik di dunia maupun di akhirat. Semua orang pasti ingin mendapatkan kemudahan dalam menjemput rezekinya. Allah SWT sudah memberikan jaminan bahwa semua makhluk-Nya akan mendapatkan rezeki sesuai dengan takarannya. Berikut 5 amalan yang bisa dilakukan supaya dimudahkan rezekinya :

Sholat

Sejak kecil kita pasti diajarkan untuk sholat lima waktu. Sholat adalah tiangnya agama dan salah satu rukun islam yang kedua. Maka perintah untuk sholat adalah kewajiban bagi kita umat islam untuk melaksanakannya. Sesuai dengan firman Allah dalam surah QS.Taha ayat 132 :

وَأْمُرْ اَهْلَكَ بِالصَّلٰوةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَاۗ لَا نَسْـَٔلُكَ رِزْقًاۗ نَحْنُ نَرْزُقُكَۗ وَالْعَاقِبَةُ لِلتَّقْوٰى
Artinya : Dan perintahkanlah keluargamu melaksanakan salat dan sabar dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kamilah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik di akhirat) adalah bagi orang yang bertakwa.
Supaya dimudahkan rezekinya, maka jagalah sholat, maka Allah akan datangkan rezeki dari arah yang tak disangka-sangka. Yakinlah bahwa Allah tidak memiliki batasan untuk memberi.

Sedekah

Keutamaan sedekah adalah dapat melipatgandakan pahala kita, memudahkan hajat dan rezeki kita, mengangkat kemuliaan dan menjaga kita dari siksaan api neraka. Supaya dimudahkan rezekinya, mulailah membiasakan sedekah dengan niat ikhlas dan hanya mengharap ridho Allah. Seberapa banyak kamu terima tergantung seberapa banyak yang kamu berikan. Allah memberikan janji kepada orang-orang yang bersedekah dalam surah QS. Al-Hadid: 18 :
اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.

Silaturahmi

Sebagai umat islam, kita dianjurkan untuk tolong-menolong dalam kebaikan termasuk menyambung silaturahmi. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
“Barangsiapa ingin lapangkan pintu rezeki untuknya dan dipanjangkan umurnya hendaknya ia menyambung tali silaturahmi.”
(HR. Bukhari) [Shahih No.5986 Versi Fathul Bari]. 
Dengan menyambung silaturahmi Allah SWT akan memberi kemudahan kita dalam menjemput rezeki, diberikan kecukupan, ketentraman, supaya senantiasa selalu bersyukur.

Saum atau Puasa

Allah berfirman dalam surah (QS. Al Baqarah: 183)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Seperti yang kita tahu bahwa saum atau puasa adalah ibadah yang memiliki banyak keutamaan. Dengan berpuasa Allah jadikan kita untuk lebih bersyukur dan Allah janjikan nikmat di dunia maupun di akhirat, bagi orang-orang yang bertaqwa.

Salam dan Santun dalam Bersikap 

Allah senantiasa memberikan kebaikan kepada orang-orang yang banyak berbuat kebaikan. Supaya dimudakan rezekinya, hendaknya sebagai seorang muslim berucaplah salam dan bersikap santun. Berbuat baik kepada kedua orang tuamu dengan menjaga kehormatannya kemudian berbuat baiklah kepada sesama muslim. Kita tidak akan pernah tahu kebaikan mana yang akan datang ke dalam hidup kita. Karena Allah lebih mengetahui dibandingkan hambanya.

Leave a Comment