4 Golongan Manusia yang Haram disentuh Api Neraka

4 Golongan Manusia yang Haram disentuh Api Neraka – Setiap muslim pasti tidak ingin masuk ke neraka karenanya mereka mempersiapkan bekal akhirat. Neraka adalah tempat akhir bagi orang-orang yang selalu berbuat kemaksiatan di dunia. Neraka juga disebut sebagai tempat bagi para pendosa yang masuk kedalam lubang kehinaan dan keburukan. sebagaimana Allah SWT berfirman dalam QS.Ali Imran:192, bahwa :

“Ya Tuhan kami, sesungguhnya orang yang engkau masukkan ke dalam neraka, maka Engkau benar-benar telah menghinakannya dan tidak ada seorang penolong pun bagi orang yang zalim.”

Sebagai seorang muslim tentunya akan berusaha memperbanyak amal ibadah dan kebaikan di dunia agar tidak masuk ke dalam neraka. Dirawayatkan dari Abdullah bin Mas’ud RA, “Rasulullah SAW bersabda: “Maukah kalian saya beritahu siapa orang yang tidak mungkin masuk neraka?” “Siapa ya Rasulullah?” Rasulullah SAW menjawab, “Neraka itu diharamkan pada orang yang mempunyai 4 sifat, yaitu: hayyin, layyin, qobirin, dan sahlun.”

1) Hayyin

Sifat pertama golongan manusia yang diharamkan masuk ke dalam neraka adalah orang yang memiliki ketenangan dan keteduhan lahir maupun batin. Ia tidak mudah untuk memaki, melaknat, serta tenang jiwanya. Ketika menghadapi masalah orang dengan sifat ini, ia tidak mudah tersulut emosi. Ia mampu mengendalikan hati dan pikirannya dengan tenang, karena ia menyerahkan segala urusannya kepada yang Allah.

2) Layyin

Sifat kedua golongan manusia yang diharamkan masuk ke dalam neraka adalah orang yang memiliki sifat lembut dan santun baik dalam bertutur kata maupun bersikap. Ia tidak kasar dan tidak mudah mengikuti hawa nafsunya sendiri, karena ia selalu menginginkan kebaikan bagi sesama manusia.

Seperti hati Rasulullah SAW sangat penuh dengan rasa sayang kepada umatnya. Orang yang memiliki rasa kasih sayang akan melahirkan kelemahlembutan dan akan melahirkan sikap sopan santun.

“Sesungguhnya api itu hanya bisa dipadamkan dengan air, sesungguhnya kemarahan hanya bisa dipadamkan dengan kelembutan.”

3) Qarib

Sifat ketiga golongan manusia yang diharamkan masuk ke dalam neraka adalah orang yang memiliki sifat ramah. Ia mudah di ajak bicara dan menyenangkan bagi orang yang diajak bicara. Ia juga murah senyum jika bertemu orang disekitarnya.

Contoh kepemilikan sifat qobirin juga berasal dari Rasulullah SAW. Keakraban yang dimiliki Rasulullah SAW membuat dirinya sangat dekat dengan musuh.

4) Sahl

Sifat keempat golongan manusia yang diharamkan masuk ke dalam neraka adalah orang yang tidak mempersulit sesuatu. Ia selalu punya cara untuk menyelesaikan setiap permasalahan.

Sifat sahlun yaitu santai, tidak bertele-tele, ia tidak mudah dendam ke orang lain, dan tidak ribet. Orang yang memiliki sifat sahl ini memperlakukan segala sesuatu secara mudah dan proporsional.

Leave a Comment