Cara Memperlakukan Dirimu Dengan Baik

Cara memperlakukan dirimu dengan baik – Kamu ingin sekali diperlakukan baik oleh orang lain, tetapi kamu sering lupa untuk memperlakukan diri kamu dengan baik. Bahkan kamu sering sekali mengkritik dan menyalahkan diri sendiri dengan perkataan negatif atas apa yang sudah kamu lakukan.

Tanpa disadari, kamu sering menghabiskan waktu untuk menyalahkan diri sendiri. Kamu akan selalu merasa kurang dan salah terhadap apa yang yang sudah dilakukan. Kamu akan menjadi pribadi yang toxic akan tuntutan dalam diri yang ingin sempurna tanpa memperlakukannya dengan baik.

Memperlakukan diri dengan baik memang membutuhkan waktu seumur hidup untuk belajar bagaimana menghargai diri sendiri, menyadari kemampuan yang dimiliki dan segala sesuatu yang ada dalam diri kamu. Lantas bagaimana bisa kamu diperlakukan baik oleh orang lain dengan hormat, jika kamu sendiri saja masih kurang menghormati diri sendiri. Berikut adalah cara memperlakukan diri dengan baik antara lain :

1) Ucapkan hal baik pada dirimu

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk memperlakukan diri kamu dengan baik adalah dengan mengucapkan hal baik pada dirimu. Setiap orang pernah melakukan kesalahan dan kekurangan dalam dirinya. Karena pada hakikatnya tidak ada manusia yang sempurna. Kamu tidak perlu merasa rendah diri dengan kekurangan yang kamu miliki apalagi terus menerus menyalahkannya. Mulailah dengan membiasakan berbicara yang baik pada diri sendiri dan yakinlah terhadap kemampuan yang kamu miliki, dengan begitu kamu akan menjadi orang yang lebih positif dan optimis.

2) Memaafkan diri atas kesalahan yang sudah kamu perbuat

Hal kedua yang bisa dilakukan untuk memperlakukan diri kamu dengan baik adalah dengan memaafkan diri sendiri atas kesalahan yang sudah diperbuat. Hal yang perlu kamu sadari adalah tidak ada yang salah dengan anugerah yang Allah berikan pada diri kamu. Syukurilah setiap hal yang ada dalam dirimu, karena kamu berharga dan maafkan apa yang sudah diperbuat dirimu.

Sering sekali kamu meminta maaf kepada orang lain atas kesalahan yang sudah kamu perbuat. Namun kamu lupa untuk meminta maaf pada diri sendiri. Jika kamu memiliki kesalahan di masa lalu atau hal yang tak membanggakan, maka maafkanlah dirimu atas hal itu. Dengan memaafkan diri sendiri, itu akan membuat hati kamu lebih lapang dan menyadari bahwa kamu hanyalah maanusia biasa yang rentan melakukan kesalahan.

3) Meyakini diri bahwa apa yang kamu rasakan valid

Hal ketiga yang bisa dilakukan untuk memperlakukan diri kamu dengan baik adalah dengan meyakini diri bahwa apa yang kamu rasakan itu valid. Tidak ada salahnya mengakui kelemahan dirimu, karena tidak selamanya diri ini sempurna. Mulai meyakini bahwa apa yang kamu rasakan pada diri kamu valid dan semua bisa diperbaiki. Dengan memperlakukan diri kamu dengan baik dan mulai percaya terhadap diri kamu sendiri.

4) Berikan pengakuan pada dirimu atas setiap usahamu

Hal keempat yang bisa dilakukan untuk memperlakukan diri kamu dengan baik adalah dengan memberikan pengakuan pada diri kamu atas setiap usahamu. Setiap orang memiliki potensi kelebihan maupun kekurangan pada dirinya. Dengan mengakui dan menerima setiap kelebihan dan kekuranganmu, kamu sudah mencintai dirimu sendiri. Tidak perlu untuk membandingkan hasil dari usaha usaha dirimu dengan orang lain. Tetap fokus pada dirimu sendiri dalam mengembangkan potensi yang kamu miliki dan berikan penghargaan atas setiap usahamu.

5) Pedulilah dan sayangilah dirimu sebelum orang lain

Hal kelima yang bisa dilakukan untuk memperlakukan diri kamu dengan baik adalah dengan peduli dan sayang dirimu. Sebelum kamu mendahulukan orang lain, hal pertama yang harus kamu prioritaskan adalah dirimu sendiri. Pedulilah dan sayangilah atas setiap hal yang ada dalam dirimu, pedulilah terhadap potensimu dan sayangilah setiap usaha yang sudah kamu lakukan. Mulailah merasa nyaman dengan diri kamu sendiri, sebelum kamu memberikan kenyamanan kepada orang lain.

Leave a Comment