7 Tips Membangun Keluarga Yang Harmonis Ala Rasulullah

Setiap pasangan suami istri pasti mendambakan memiliki keluarga yang harmonis. Dalam islam, keluarga yang harmonis adalah keluarga yang di dalamnya terdapat rasa tenteram, damai, dan penuh kasih sayang (sakinah, mawadah, warahmah).

Sebagai umat islam, hendaklah kita mengikuti rasulullah sebagai suri tauladan dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya dalam membangun keluarga yang harmonis. Karena rasulullah adalah tokoh inspirasi kita dalam membangun keluarga yang harmonis bersama pasangan. Dari keluarga beliaulah melahirkan pemimpin-pemimpin umat yang meneruskan agama islam serta menjadi wasilah kebaikan bagi seluruh alam.

Maka sudah sepatutnya kita belajar dari rasulullah dalam membangun keluarga yang harmonis. Dengan mengikutinya artinya kita menjalankan sunah rasulullah, dan kelak bisa meggapai ridho Allah SWT di dunia maupun akhirat bersama dengan keluarga, Amiin. Berikut adalah 7 tips membangun keluarga yang harmonis ala rasulullah :

1) Tidur Satu Selimut

Tips pertama membangun keluarga yang harmonis ala rasulullah adalah tidur satu selimut dengan pasangan. Tidur satu selimut selain menghangatkan tubuh, juga membuat pasangan suami-istri menjadi lebih tenteram di sertai dengan komunikasi intim bersama pasangan.

Dikisahkan oleh Aisyah Radhiyallahu ‘anha, ketika Rasul sedang berapa dalam satu selimut dengan Aisyah, tiba-tiba Aisyah bangkit. Rasul kemudian bertanya, “Mengapa engkau bangkit?”

Aisyah menjawab “Karena aku sedang haidh wahai Rasulullah. Kemudian Rasulullah berkata “Kalau begitu pergilah, lalu berkainlah dan dekatlah kembali denganku.” Aisyah pun masuk lalu berselimut bersama beliau,” (HR Sa’id bin Manshur).

2) Makan dan Minum Bersama

Tips kedua membangun keluarga yang harmonis ala rasulullah adalah melakukan kebiasaan makan dan minum bersama dalam keluarga, Misal : menikmati santapan bersama pasangan di satu piring yang sama, minum di satu gelas yang sama.

Sayyidah Aisyah RA berkata, “Bahwasanya Rasulullah SAW, memberikan bejana (tempat minum) kepadaku, maka aku meminum dari tempat tersebut yang waktu itu aku dalam keadaan haid, kemudian, aku memberikan bejana itu kepada beliau, lalu beliau memilih tempat bekas mulutku dan meletakkan mulut beliau pada bekas tempat mulutku.”

Dari Aisyah RA, berkata: “Saya biasa makan bubur bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.” (HR. Bukhari)

Dalam hadis yang lain diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah SAW dan Aisyah minum dengan gelas dan piring yang sama. Bahkan makan daging pada bekas jilatan Aisyah. (HR. Nasai).

Dengan makan dan minum bersama menumbuhkan rasa cinta dan kasih sayang antar pasangan suami-istri, menjalin ikatan silaturahmi dalam keluarga, serta di dalamnya terdapat keberkahan.

Makanlah kalian secara bersama-sama dan sebutlah nama Allah, niscaya Allah akan memberkahi kalian pada makanan itu.” (HR Abu Dawud).

3) Sering Mencium Istri

Tips ketiga membangun keluarga yang harmonis ala rasulullah adalah sering mencium istri. Mencium istri adalah bukti cinta suami kepada istri, tidak hanya mencium di kening istri saja tapi juga di tangannya.

Dari Hafshah, putri Umar Radhiyallahu ‘anhu, “Sesungguhnya Rasulullah SAW biasa mencium istrinya sekalipun sedang puasa.” (HR. Ahmad).

4) Menyisir Rambut

Tips keempat membangun keluarga yang harmonis ala rasulullah adalah menyisir rambut. Kebiasaan saling menyisir rambut pasangan suami-istri adalah hal romantis yang dilakukan rasulullah. Selain itu bisa meningkatkan rasa cinta pasangan suami istri.

“Beliau (Rasulullah) mendekat kepadanya (Aisyah) dan ia ada di kamarnya, lalu ia menyisir beliau, padahal ia sedang haid.” (HR Muslim).

5) Membantu Pekerjaan Rumah Tangga

Tips kelima membangun keluarga yang harmonis ala rasulullah adalah saling membantu pekerjaan rumah tangga. Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa, suami yang membantu pekerjaan rumah tangga adalah suami yang takut dengan istrinya, padahal tidak demikian.

Rasulullah merupakan suami ideal yang senantiasa membantu pekerjaan rumah tangga. Selain itu Rasulullah  terbiasa menjahit sendalnya sendiri, memerah kambing, dan melayani dirinya sendiri. Rasulullah adalah suami yang tidak ingin menyusahkan istrinya dan begitu mandiri dalam mengurus berbagai keperluan pribadinya.

Aisyah pernah ditanya, “Apa yang dilakukan Rasulullah (jika) bersama istrinya di rumah?” Aisyah menjawab, “Beliau sibuk membantu istrinya, dan apabila tiba waktu shalat beliau bergegas melaksanakan shalat.” (HR. Bukhari).

6) Memanggil Istri dengan Mesra

Tips keenam membangun keluarga yang harmonis ala rasulullah adalah memanggil istri dengan mesra. Seorang suami yang memanggil istrinya dengan mesra dan lemah lembut dapat membuat sang istri menjadi luluh hatinya. Selain itu dapat menumbuhkan rasa kasih sayang antar pasangan suami istri.

Rasulullah suka memanggil Sayyidah Aisyah dengan panggilan kecil yaitu “Ya Aisy” atau “Ya Uwaisy”. Rasulullah juga memanggil Sayyidah Aisyah dengan “Humaira” yang artinya putih kemerah-merahan. Panggilan tersebut sebagai ungkapan kekaguman Nabi pada kecantikan Aisyah yang merona pipinya.

7) Bergurau dan Bermain Bersama

Tips ketujuh membangun keluarga yang harmonis ala rasulullah adalah bergurau dan bermain bersama.  Dengan menghabiskan waktu bersama dengan pasangan adalah ajang untuk saling membahagiakan. Saling bersendagurau, bermain dan tertawa bersama akan membuat suasana rumah menjadi lebih hangat dan nyaman serta menumbuhkan keharmonisan keluarga.

Dari Zaid bin Tsabit, ia berkata tentang Rasulullah, “Beliau orang yang suka bercanda dengan istrinya.” (HR Bukhari).

Aisyah dan Saudah pernah saling melumuri muka dengan makanan, dan Nabi tertawa melihat tingkah lakunya. (HR Nasa’i)

Itulah 7 tips dalam membangun keluarga yang harmonis ala Rasulullah. Kita bisa mengamalkan ajaran Rasulullah dengan mengikuti sunah beliau sehingga dapat tercipta keluarga yang harmonis dan di rahmati Allah, Amiin.

Leave a Comment