Tanda Allah SWT Berpaling Darimu

Tanda Allah SWT berpaling darimu – Kamu pernah di diamkan oleh pasanganmu tanpa sebab? Pasti rasanya sakit sekalikan? terlebih lagi dia adalah orang yang paling kamu cintai. Lantas bagaimana jika Allah SWT yang mendiamkan kamu dan Allah SWT berpaling darimu.

Bayangkan jika kamu harus mengurus hidupmu sendirian tanpa-Nya, apa jadinya. Padahal apa yang ada di langit dan bumi adalah milik Allah SWT, lalu apa yang harus diperbuat jika hal ini terjadi padamu? Berikut adalah tanda Allah SWT berpaling darimu adalah kesibukkan di dunia.

Sebagaiman dalam hadist riwayat Hasan Al Bashri menyebutkan bahwa :

“Termasuk tanda berpalingnya Allah SWT dari seorang hamba adalah Allah SWT menjadikan kesibukannya (urusan dunia) dalam hal-hal yang tidak bermanfaat baginya”. (Hasan Al Bashri rahimahullah)

Jika waktu kamu banyak di sibukkan dengan urusan duniawi sehingga kamu lupa bahwa ada kehidupan lain setelahnya itu merupakan tanpa bahwa Allah SWT berpaling darimu. Seperti ketika ada deadline pekerjaan yang padat, nongkrong bareng temanmu sehingga kamu lalai untuk beribadah kepada Allah SWT. Bahkan ketika suatu keburukan di anggap wajar maka akan menjerumuskan kepada kebatilan. Dan Allah SWT sangat membenci orang-orang yang berbuat kerusakan dan kebatilan di muka bumi ini.

“Jika dirimu tidak disibukkan dengan hal-hal yang baik, pasti akan disibukkan dengan hal-hal yang batil.” (Ibnu Qoyyim rahimahullah)

Diantara hal-hal yang menjauhkan kita dari Allah adalah perilaku bakhil (pelit), keras hati, perilaku keji dan maksiat. “Orang yang bakhil jauh dari Allah, jauh dari Surga, dan jauh dari manusia“. (HR. At-Tirmidzi)

Terkadang butuh situasi yang sulit untuk memaksakan diri kita untuk dekat dengan Allah SWT. Memang butuh proses untuk menyadarkan kita bahwa tanpa Allah SWT kita tidak akan pernah bisa hidup di dunia ini. Namun dengan mulai meninggalkan sesuatu hal yang tidak bermanfaat adalah awal kebaikan untuk kita. Sesungguhnya Allah SWT Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

“Diantara kebaikan islam seseorang adalah meninggalkan hal yang tidak bermanfaat.” (HR. Tirmidzi no. 2317, Ibnu Majah no.3976)

Jika ada tanda-tanda itu darimu, maka bersegeralah untuk kembali mendekat kepada Allah SWT. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun. Semoga kita semua selalu dalam penjagaannya. Aamiin

Leave a Comment