Kenapa Kita Harus Berdakwah?

Kenapa kita harus berdakwah? – Dakwah merupakah sebuah kewajiban bagi setiap umat islam yang datang dari Allah SWT dan Rasul-Nya. Allah SWT memberikan ganjaran pahala bagi siapapun yang mau menyebarkan dalam urusan kebaikan.

Dakwah artinya mengajak, memanggil, dan menyeru kebaikan kepada sesama manusia. Selain sebagai kewajiban bagi umat islam, dakwah juga merupakan bentuk cinta terhadap islam.

Lantas kenapa dalam islam diwajibkan untuk berdakwah?

Seperti seorang anak yang bangga dengan ibunya, akan bercerita kepada siapapun dan dimanapun tentang masakan ibunya, kebaikan, perhatian, kesabaran ibunya, serta ketangguhan ibunya. Sama ketika seseorang jatuh cinta akan selalu membicarakan kekasihnya kepada sahabat atau kerabat dekat kita. Hal ini juga sama ketika kita mencintai dakwah dimana lahir secara alamiah terhadap diri seorang mukmin.

 

Kita berdakwah karena kita mencintai Allah SWT dan Rasul-Nya, mencintai islam, dan mencintai umat muslim. Maka kemanapun perginya perkara inilah yang menarik bagi kita. Kita akan selau berbicara tentang bagaiman aku bisa diselamatkan oleh islam, bagaimana islam memberikan ketenangan batin, bila bukan karena islam entah bagaimana hidupku, bagaimana islam menjadian keluargaku romatis.

Dakwah sesederhana itu, sama seperti ketika berbagi tentang apa yang kita rasakan, tentang apa yang kita harapkan orang lain rasakan, karena kita peduli, karena kita menyayangi mereka. Dakwah itu adalah cinta, sebagaimana dalam firman Allah SWT :

“Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali Imran: 104)

Nabi Muhammad SAW bersabda :

Dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barangsiapa dari kalian melihat kemungkaran, ubahlah dengan tangannya. Jika tidak bisa, ubahlah dengan lisannya. Jika tidak bisa, ingkarilah dengan hatinya, dan itu merupakan selemah-lemahnya iman.” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 49]

Dari hadist tersebut, jelas bahwa kenapa seorang muslim harus berdakwah adalah untuk mencegah dari kemungkaran. Bukan hanya kewajiban saja namun dakwah menjadi alasan penting sebagai jalan keselamatan bagi umat islam. Bayangkan jika tanpa dakwah kerusakan dimuka bumi ini akan merajalela, kehidupan akan jauh dari aturan Allah SWT dan timbul banyak perpecahan.

Kisah Nabi Harun AS Bersama Nabi Musa AS Saat Dakwah ke Firaun

Tanda lainnya terhadap kewajiban untuk berdakwah adalah ancaman dari Allah SWT tatkala kita meninggalkan proses dakwah ini, Rasulullah SAW bersabda :

“Demi zat yang jiwaku dalam kekuasaan-Nya, kalian harus menyerukan kepada kemakrufan dan mencegah dari kemungkaran ataukah Allah SWT akan menurunkan siksa dari sisi-Nya kepada kalian, sehingga ketika kalian berdoa. Dia tidak akan mengabulkan doa kalian.” (HR Tirmidzi)

Banyak alasan kenapa kita sebagai umat islam harus berdakwah, selain sebagai sebuah kewajiban dakwah juga sebagai bentuk cinta kita kepada Allah SWT dan rasul-Nya. Semoga bermanfaat. Wa’allahu’alam bisawwaf.

Referensi : Buku Art of Dakwah – Karya Ustadz Felix Y. Siauw

Leave a Comment