Keisimewaan Membaca Basmalah Dalam Kehidupan Kita

Keistimewaan membaca basmalah dalam kehidupan kita – Ketika matahari terbit sampai matahari terbenam, kita biasanya sering di sibukkan dengan berbagai aktivitas baik di dalam maupun rumah. Namun, sebagian dari kita mungkin sering lupa untuk membaca “basmalah” sebelum memulai aktivitas.

Padahal bacaan basmalah memiliki keistimewaan dalam kehidupan yang tidak kita sadari. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda mengenai pentingnya bacaan basmalah :

كُلُّ أَمْرٍ ذِيْ بَالٍ لاَ يُبْدَأُ فِيْهِ بِـ : بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ فَهُوَ أَبْتَرُ

Artinya: “Setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan ‘bismillah’, maka amalan tersebut terputus (kurang) keberkahannya.” (HR Al Khatib)

Dalam kalimat basmalah terdapat tiga nama besar yang di sebutkan yaitu Allah, Ar Rahman, dan Ar Rahiim. Oleh karena itu, kalimat basmalah ini dinamakan oleh Rasulullah SAW sendiri dengan nama al ismul al ‘azham, yaitu nama yang teragung dari Allah SWT.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”

Setiap muslim dianjurkan untuk membaca basmalah setiap akan memulai aktivitas atau kegiatan. Bacaan basmalah ini seakan mengingatkan kita bahwa Allah SWT selalu bersama kita dan hanya Dia-lah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Selain itu, membaca basmalah dengan meniatkan segala sesuatu yang dilakukan atas nama Allah SWT dan memohon restu atau kelancaran dalam aktivitas kita.

Adapun beberapa keistimewaan bacaan basmalah dalan kehidupan kita, antara lain :

  1. Dengan membaca basmalah, dapat menjauhkan dari perkara-perkara mungkar yang menjerumuskan ke dalam lubang dosa. Bila seseorang sudah berniat basmalah dalam hati, lalu diucapkan lewat lisan, maka ia telah berlandaskan segala aktivitasnya atas nama Allah SWT. Dan kecenderungan untuk melakukan keburukan dan kemaksiatan bisa dikikis hanya dengan basmalah.
  2. Dengan membaca basmalah, hati menjadi lapang dan timbul rasa optimis bagi pembacanya. Prof. Quraish Shihab, kata bi memiliki keterkaitan dengan “kekuasaan dan pertolongan”, sehingga ketika seseorang mengucapkannya, ia secara sadar mengakui bahwa segala pekerjaannya bisa terlaksana karena adanya kodrat (kekuasaan) Allah SWT.
  3. Dengan membaca basmalah, segala aktivitas bagi pembacanya akan menjadi berkah dan bertambah kebaikan dalam setiap langkahnya. Selain itu jika ia mendapatkan kesulitan akan di bimbing Allah SWT untuk keluar dari masalahnya.
  4. Dengan membaca basmalah, mendapatkan perlindungan Allah SWT baik dari bahaya di bumi maupun di langit serta dari perkara gaib.
  5. Dengan membaca basmalah, dapat menghapuskan dosa-dosa kecil dan menjadi ladang pahala bagi pembacanya. Hal ini tercantum dalam sebuah hadis, yang artinya: “Barangsiapa yang membaca kalimat bismillah, maka tak tersisa sedikitpun dari dosa-dosa yang kecil.” (HR. Muttafaqun Alaih)

Itulah beberapa keistimewaan bacaan basmalah bagi pembacanya, Amat di sayangkan jika kita memulai aktivitas tanpa membaca basmalah. Karena dengan membaca basmalah dapat menuntun ke jalan kebaikan dan keberkahan. Semoga kita semua bisa istiqomah untuk terus membaca basmalah dalam kehidupan kita. Aamiin.

Leave a Comment