Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Berlibur Ke Alam Bebas!

Ini alasan kenapa kamu harus berlibur ke alam bebas! РAkhir pekan adalah momen yang di tunggu-tunggu oleh kebanyakan orang. Tak sedikit orang sudah merencanakan liburannya sejak jauh-jauh hari setelah menghabiskan waktunya untuk bekerja. Alam menjadi destinasi utama yang wajib untuk di kunjungi oleh banyak orang. 

Berlibur ke alam bebas dapat memanjakan mata, kamu akan disuguhkan dengan bentang alam yang menakjubkan serta kecantikan alam yang tidak ada habisnya. Destinasi liburan ke alam bebas yang bisa kamu kunjungi seperti pantai berpasir putih, pegunungan hijau, maupun hutan yang lebat. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika kamu berlibur ke alam bebas. Bagi kamu yang masih ragu untuk berlibur ke alam bebas, inilah alasannya kenapa harus berlibur alam bebas!

1) Berlibur ke alam bebas dapat membuat pikiran kamu menjadi releks

Mengapa Berlibur di Alam Bebas Lebih Baik untuk Kamu?

Setiap hari kita selalu di sibukan dengan rutinitas kerja yang membuat pikiran lelah dan stress. Hal ini sangat menguras pikiran kamu karena padatnya aktivitas yang dikerjakan. Hingga tiba di penghujung pekan inilah saat dimana kamu merelekskan pikiran kamu dari aktivitas yang membuat kamu menjadi stres.

Alam bebas memiliki pesona tersendiri yang menakjubkan untuk di pandang mata. Setiap suguhan alam yang ditampilkan memiliki daya tarik untuk membuat pikiran kamu menjadi releks kembali. Ada dua alasan berlibur ke alam bebas baik bagi pikiran dan kesehatan mentalmu.

Pertama, kadar stres akan otomatis menurun. Terutama jika kamu rutin melihat alam terbuka, kadar stres dapat terjaga di batas normal. Saat tubuh berinteraksi dengan alam, otak menjadi lebih tenang secara alami, sehingga stres akan berkurang drastis.

Kedua, adalah rasa bahagia yang meningkat. Kamu dapat merasa lebih bahagia hanya dengan menghabiskan waktu di alam bebas. Beberapa aktivitas berlibur ke alam bebas antara lain mendaki gunung, pergi ke pantai, jalan-jalan sore, bermain ke taman, dsb. Ketika suasana hati meningkat, kesehatan mental juga lebih terjaga sehingga membuat kamu releks kembali.

2) Berlibur ke alam bebas dapat menjaga kesehatan fisik

7 Manfaat Mengajak Anak Piknik ke Wisata Alam Secara Rutin | BukaReview

Selain keindahan alam bebas yang bisa merelekskan pikiran kamu dari stressnya rutinitas kerja. Manfaat lainnya berlibur ke alam bebas adalah dapat membuat kesehatan fisik kamu terjaga. Dikutip dari halodoc.com, sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of East Anglia menyebutkan, beberapa risiko dari penyakit parah dapat berkurang. Beberapa penyakit tersebut antara lain diabetes tipe II, penyakit kardiovaskular, hingga tekanan darah tinggi.

Penelitian tersebut memperkirakan apabila seseorang menghabiskan waktu 120 menit dalam seminggu berada di alam bebas, tubuhnya menjadi lebih sehat. Meski begitu, kamu tidak harus langsung menghabiskan 2 jam di alam. Kamu dapat melakukannya secara akumulasi dalam seminggu.

Selain itu, berlibur ke alam bebas dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh kamu. Hal ini karena tanaman memiliki senyawa phytoncides, yang berguna untuk melindungi dari bakteri dan jamur yang merugikan. Dengan berada di dekat tumbuh-tumbuhan dan menghirup senyawa tersebut, sistem kekebalan tubuh langsung merespons dengan meningkatkan sel darah putih. Selain itu, paparan sinar matahari juga meningkatkan sistem imun. Inilah pentingnya kamu harus berlibur ke alam bebas.

3) Berlibur ke alam bebas mengajarkan arti hidup yang sesungguhnya

Sebagai umat islam, kita tahu bahwa segala apa yang ada di langit dan bumi adalah ciptaan Allah ta’ala sebagaimana dalam QS.Hud ayat 7 :

“Dialah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa serta (sebelum itu)  ĽArasy-Nya di atas air. (Penciptaan itu dilakukan) untuk menguji kamu, siapakah di antara kamu yang lebih baik amalnya.”

Allah ta’ala menciptakan langit dan bumi beserta isinya tidaklah sia-sia. Dengan berlibur ke alam bebas dapat memberikan pelajaran hidup bahwa diri ini lemah dan kecil sehingga tidak ada yang patut untuk di sombongkan.

Momen liburan ke alam bebas tidak hanya digunakan sebagai aktivitas jalan-jalan belaka, tetapi juga sebagai sarana mentadabburi alam bebas. Dengan memaknai ciptaan Allah ta’ala melalui alam yang diciptakannya dengan sempurna. Berlibur alam bebas juga mengingat kamu akan kuasa dan kebesaran Allah ta’ala sehingga dapat menghentikan kamu dari dosa perilaku maksiat.

Alam juga mengajaran kamu tentang arti hidup sehingga kamu akan mudah berprasangka baik dengan ketetapan-Nya dan mensyukuri setiap nikmat dalam hidupmu. Sehingga rasa emosional yang ada dalam diri kamu menjadi lebih stabil dan mejadi pribadi yang lebih baik.

Itulah 3 alasan utama kenapa kamu harus berlibur ke alam bebas. Sebetulnya masih banyak lagi manfaat yang bisa di dapatkan ketika kamu berlibur ke alam bebas. Kamu juga bisa searching manfaat lainnya supaya kamu lebih semangat untuk berlibur ke alam bebas. Jadi, masih ragu untuk liburan ke alam bebas? Yuk, mulai rencanakan liburan kamu di akhir pekan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *