Apa Bedanya Tunangan Sama Lamaran?

Apa bedanya tunangan sama lamaran? – Sebagian kita pasti tidak asing dengan acara tunangan atau lamaran. Proses tunangan dan lamaran adalah sebuah tradisi bagi kedua pasangan yang ingin menikah. Prosesi tunangan maupun lamaran ini dilakukan dengan mendatangi kediaman calon mempelai wanita yang ingin dinikahi oleh calon mempelai pria.

Dalam prosesi tunangan maupun lamaran ini di hadiri oleh anggota keluarga dari mempelai laki-laki maupun mempelai wanita yang pembicaraannya akan mengarah ke pernikahan. Namun sebetulnya ada perbedaan dari kedua prosesi tersebut antara lain :

1) Perbedaan dalam jangka waktu

Proses tunangan maupun lamaran sebetulnya sama-sama menuju ke jenjang pernikahan. Namun bedanya tunangan jangka waktunya lama bisa saja bertahun-tahun, tunangan dilakukan untuk mengikat calon mempelai wanitanya sampai ke pernikahan.

Sebaliknya jika lamaran jangka waktunya biasanya lebih cepat. Bisa dilakukan seminggu sebelum pernikahan atau satu sampai tiga bulan menuju pernikahan. Namun banyak juga pasangan yang menggabungkan acara tunangan maupun lamaran secara bersama-sama dengan membawa seserahan sekaligus.

 

2) Perbedaan dalam prosesi acara

Proses tunangan maupun lamaran biasanya ada pertukaran cincin sebagai simbol menuju pernikahan. Bedanya jika tunangan proses tukar cincin di lakukan oleh calon mempelai laki-laki langsung kepada calon mempelai wanita.

Sedangkan jika lamaran penyampaian niat baik pinangan dari pihak laki-laki ke pihak keluarga wanita. Dimana penyematan cincin disini hanya sebagai simbolik pengikat dari ibu/wali pihak lelaki ke pihak wanita. Dan biasanya dilakukan oleh perantara sebagai perwakilan dari keluarga mempelai laki-laki kepada keluarga mempelai wanita.

Dalam islam tidak ada istilah tunangan, yang ada hanya khitbah atau lamaran dengan tujuan melamar akhwat yang ingin dipinang. Bukan juga sebuah keharusan untuk lamaran, langsung menikahpun tidak masalah. Satu hal yang penting dalam prosesnya adalah keberkahan dalam pernikahannya. Semoga Allah SWT mudahkan bagi para singlelillah yang saat ini sedang berjuang menuju halal. Aamiin.

Leave a Comment