5 Manfaat Menjaga Pandangan Mata

5 manfaat menjaga pandangan mata – Kewajiban dalam menjaga pandangan mata bukan hanya bagi lelaki saja namun juga untuk muslimah. Seorang wanita shalihah mampu menjaga pandangan matanya dari lawan jenis.

Selain itu, seorang wanita shalihah tidak suka memandang dan tidak suka dipandang secara berlebihan yang akhirnya menimbulkan tergodanya syahwat. Sebagaimana dalam Al-Qur’an surah berikut ini :

“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”. (QS. An-Nuur: 30)

“Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya…..” (QS. An-Nuur: 31)

Berikut ini adalah beberapa manfaat dalam menjaga pandangan mata (referensi ini terinspirasi dari buku Raudhatul Muhibbin Karya Ibnul Qayyam):
(1) Membersihkan hati dan menjauhkan dari penyesalan

Manfaat pertama dari menjaga pandangan mata adalah dapat membersihkan hati dan menjauhkannya dari penyesalan. Seorang yang suka mengumbar pandangan matanya maka akan bisa membawanya kepada kemaksiatan sehingga menjerumuskan kepada penyesalan karena maksiat yang dilakukannya.

Pandangan mata yang di umbar dan menyusup ke dalam hati bagaikan anak panah yang bisa melukai hati. Dikatakan dalam syair berikut :

Segala peristiwa berasal dari pandangan mata. Jilatan api bermula dari setitik bara. Berapa banyak pandangan yang membelah hati. Laksana anak panah yang melesat dari busurnya. Selagi manusia masih memiliki mata untuk memandang. Dia tidak pernah lepas dari bahaya yang menghadang. Terasa senang di permulaan dan ada bahaya di kemudian hari. Tiada ucapan selamat datang dan ada bahaya saat kembali.

(2) Mendatangkan Cahaya

Manfaat kedua dari menjaga pandangan mata adalah dapat mendatangkan cahaya. Cahaya dan keceriaan datang dari seorang insan yang menjaga pandangannya. Hal ini dapat terlihat dari mata, wajah, dan tubuh seseorang yang menjaga pandangannya karena mengharap ridha Allah SWT.

Karena jika Allah SWT sudah ridha kepadanya, maka Allah SWT akan memberikan cahaya cintapada hatinya. Sehingga akan berdampak pada wajah dan tubuhnya.

(3) Membuka pintu ilmu

Manfaat ketiga dari menjaga pandangan mata adalah membuka pintu ilmu. Ilmu pengetahuan akan muncul ketika hati bersih dari yang namanya maksiat. Dengan menjaga pandangan mata, ilmu akan mudah terserap sehingga dapat bermanfaat bagi dirinya dan sekitarnya.

(4) Mendatangkan kekuatan hati

Manfaat keempat dari menjaga pandangan mata adalah mendatangkan kekuatan hati. Ketika seseorang dapat menjaga pandangan matanya, akan membawanya kepada hati yang bersih dan ketika hati bersih mudha sekali mendekat kepada Allah SWT.

Kedekatan hati kepada Allah SWT, akan membuat hati menjadi tenang, kuat, dan tidak takut akan sesuatu kecuali Allah SWT. Al Hasan berkata : “Orang yang bisa menahan pandangan berarti bisa menahan datangnya ketakutan.”

(5) Menutup pintu-pintu syahwat


Manfaat kelima dari menjaga pandangan mata adalah dapat menutu pintu-pintu syahwat. Mengumbar pandangan akan membuat hati menjadi lalai dari Allah SWT, lalai dari mengingat akhirat, menjerumuskan kepada maksiat, dan membawa hati kepada syahwat. Karenanya Allah SWT memerintahkan untuk menutup aurat dan menjaga pandangannya, supaya hati terbebas dari jeratan syahwat.

Referensi buku : Muslimah Bercahaya Hal.63-64, Karya Arif Rahman Lubis

Leave a Comment