10 Kemampuan Dasar Yang Harus Di Miliki oleh Seorang Pemimpin

10 Kemampuan dasar yang harus di miliki seorang pemimpin – Dalam sebuah organisasi selalu membutuhkan seorang pemimpin tangguh yang bertugas memimpin orang-orang yang ada di sekelilingnya untuk mencapai tujuan yang besar dan sulit.  Dalam kamus Merriam Webster, “A person who leads” seorang pemimpin yang tangguh harus memiliki kapasitas dan kemampuan dalam sebuah organisasi demi tercapainya tujuan bisnis dengan menghadapi berbagai rintangan yang sulit.

Adapun kemampuan dasar yang harus di miliki oleh seorang pemimpin agar tercapainya tujuan organisasi adalah sebagai berikut :

1) Loyality, seorang pemimpin harus mampu membangkitkan loyalitas rekan kerjanya serta mampu memberikan loyalitasnya dalam menjalani kehidupan organisasi bersama dalam satu tujuan, terikat oleh visi dan impian bersama untuk meraih tujuan.

2) Empowering, seorang pemimpin harus mampu memberdayakan dan menguatkan timnya serta menularkan keberdayaan tersebut kepada timnya.

3) Advance, seorang pemimpin memberikan dorongan untuk bergerak maju, memberikan saran dan solusi dari permasalahan yang ada, berbagai pengalaman dan memfasilitasi segala sesuatu yang dibutuhkan para pengikutnya untuk mencapai visi yang sudah di tetapkan bersama bergerak ke arah masa depan.

4) Discipline, seorang pemimpin memberikan keteladanan dalam menegakkan kedisiplinan di setiap aktivitasnya. Lead by exemple, pada diri pemimpin terdapat pelajaran terbaik yang dapat di lihat dan tidak bisa di rekayasa.

5) Enable, seorang pemimpin mempunyai kemampuan untuk membuat timnya bertindak sesuai kebutuhan. Dengan memahami keberagaman sikap dan sifat orang-orang yang ada dalam rantai komandonya serta dapat menarik sebuah benang merah berupa kekuatan pengaruh untuk memampukan semua timnya agar bisa berkontribusi bersama.

6) Respect, seorang pemimpin memahami secara mendalam bahwa mereka tidak bisa bergerak dan berjuang sendiri. Mereka harus menghargai setiap orang yang ada dalam organisasinya.

7) Brave Heart, seorang pemimpin harus tatag, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dia harus mempunyai keberanian bertindak dan menghadapi berbagai resiko yang ada.

8) Responsible, seorang pemimpin harus bertanggung jawab atas berbagai tugas yang diembannya, tampil paling depan dan berani pasang badan dalam menghadapi berbagai persoalan yang dihadapi serta berdedikasi.

9) Tought and strong, seorang pemimpin harus tangguh dan tampil kuat di depan anggota timnya, pemimpin harus lebih kuat dan tinggi dari setiap persoalan yang ada.

10) Believe, seorang pemimpin harus memiliki keyakinan yang kuat, iman pada masa depan yang hebat, serta percaya pada kemampuan diri dan timnya.

Leave a Comment