Kecantikan Wanita Tidak Hanya Dilihat dari Fisiknya Saja

Kecantikan adalah impian bagi setiap wanita untuk tampil menarik di depan umum. Bahkan di era modern ini, kecantikan wanita sudah menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-harinya. Berbagai cara dan upaya ditempuh wanita untuk memiliki kecantikan yang ideal. Mulai dari melakukan perawatan wajah seperti memakai skincare, sulam alis, bahkan ada yang sampai operasi plastik dengan mengeluarkan biaya yang cukup besar.

Namun tahukah kamu, kecantikan wanita tidak hanya dilihat dari fisiknya saja. Ada unsur yang lebih utama dari hanya sekedar mempercantik fisiknya saja (lahiriah). Kecantikan abadi yang sejatinya Allah SAW rahmati langsung kepada seorang muslimah yaitu kecantikan dari dalam (batiniah). Berikut adalah hakikat kecantikan (batiniah) menurut pandangan islam :

1) Cantik Menjadi Wanita Sholehah

Wanita adalah makhluk ciptaan Allah SAW yang mulia. Bahkan islam sangat menjaga harkat dan martabat seorang wanita karena kedudukan wanita yang dinilai agung. Hal ini disebutkan dalam hadis riwayat berikut :

الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ
“Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang shalihah.” (H.R. Muslim)

Wanita sholehah adalah wanita yang tidak hanya cantik secara jasmaninya saja melainkan cantik rohaninya. Ia selalu mempercantik hatinya dengan amalan-amalan yang mengantarkannya dalam ketaatan kepada Allah. Dalam kehidupannya jiwanya akan senantiasa tercukupi dengan akidah dan tuntunan yang sesuai dengan syariat islam.

Wanita sholehah akan mempergunakan hartanya dijalan kebaikan seperti bersedekah, berpuasa, zakat. Serta ia mempergunakan waktunya untuk menuntut ilmu, dakwah dijalan Allah dan berusaha menemukan hikmah. Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah Radhiallahu‘anhu, Rasulullah bersabda,

إِنَّ اللَّهَ لاَ يَنْظُرُ إِلَى صُوَرِكُمْ وَأَمْوَالِكُمْ، وَلَكِنْ يَنْظُرُ إِلَى قُلُوبِكُمْ وَأَعْمَالِكُمْ.
“Sesungguhnya Allah tidak melihat rupa dan harta kalian, akan tetapi Allah melihat hati dan amalan kalian.” (HR. Muslim).
Dalam hadis tersebut di jelaskan bahwa kecantikan wanita tidak hanya dilihat dari fisiknya saja. Allah SAW lebih menilai hati dan perbuatan baik yang sudah dikerjakan. Allah SAW akan membalas kebaikannya dalam bentuk nikmat di dunia dan balasan surga di akhirat.

2) Cantik Menjadi Wanita Taqwa

Allah berfirman dalam surah Al-A’raf ayat 26 :

يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ قَدْ اَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُّوَارِيْ سَوْءٰتِكُمْ وَرِيْشًاۗ وَلِبَاسُ التَّقْوٰى ذٰلِكَ خَيْرٌۗ ذٰلِكَ مِنْ اٰيٰتِ اللّٰهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُوْنَ

Wahai anak cucu Adam! Sesungguhnya Kami telah menyediakan pakaian untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagimu. Tetapi pakaian takwa, itulah yang lebih baik. Demikianlah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka ingat.

Memiliki paras yang cantik adalah anugrah dari Allah SAW agar senantiasa bersyukur. Kecantikan juga adalah bagian dari ujian dari Allah. Karena apabila seorang wanita yang menggunakan kecantikannya sesuai tuntutan agama, maka ia beruntung dan pahala yang akan didapatkan. Misal tampil cantik di hadapan suami agar hatinya menjadi tentram dan dapat menjaga pandangan suaminya dari sesuatu yang haram diluar rumah.

Namun bagi seorang wanita yang menggunakan kecantikannya di jalan kemaksiatan, maka ia sangatlah merugi dan berdosa. Misal tampil cantik di hadapan pasangan yang belum halal dan mengikuti hawa nafsunya. Maka sebaik-baiknya kecantikan seorang wanita adalah senantiasa menjaga ketaqwaannya kepada Allah dan hanya mengharapkan ridho Allah semata.

3) Cantik Menjadi Wanita yang Berakhlak Baik

Kita pasti sering mendengar kata inner beauty yang membahas tentang kecantikan wanita. Inner beauty seorang wanita muslimah akan terpancar ketika akidah dan akhlaknya baik. Wanita muslimah adalah hatinya cenderung untuk terus berbuat kebaikan, bertutur kata baik, dan lemah lembut dalam bersikap.

Baginya kecantikan fisik bukan menjadi yang paling utama dalam hidupnya. Namun terus memperbaiki diri untuk mendapatkan pahala yang mengantarkannya ke surga dan mendapatkan keberkahan dari Allah SAW adalah tujuan akhirnya.

Leave a Comment