Benarkah Godaan Wanita Begitu Dahsyat Bagi Kaum Laki-laki?

Benarkah godaan wanita begitu dahsyat bagi kaum laki-laki ? – Godaan manusia selain tahta dan harta adalah wanita. Terlebih lagi wanita adalah surga dunia bagi kaum laki-laki dan merupakan godaan terbesar.  Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surah Ali-Imron ayat 14 :

“Dijadikan indah dalam pandangan manusia kecintaan akan apa yang diinginkan berupa wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak berupa emas dan perak, kuda pilihan, hewan ternak dan sawah ladang.”

Dari ayat tersebut maka jelas bahwa posisi seorang wanita sebagai puncak dari apa-apa yang di cintai manusia. Maka di anjurkan bagi wanita untuk menundukan pandangan dan menutup aurat dari laki-laki yang bukan mahrom, hal ini agar tidak terjadi fitnah.

Dari Asy-Syaikh Muhammad Al-Amin Asy-Syinqithi Rahimahullah. Beliau menjelaskan bahwa bisa jadi godaan (tipu daya) wanita itu lebih besar daripada godaan atau tipu daya setan.

Beliau menjelaskan ayat tentang fitnah/godaan setan yang lemah, yaitu firman Allah SWT :

إِنَّ كَيْدَ الشَّيْطَانِ كَانَ ضَعِيفًا

“Sesungguhnya tipu daya (godaan) setan itu lemah” (QS. An-Nisa’: 76).

Dalam ayat lainnya, Allah Ta’ala berfirman dentang tipu daya/godaan wanita yang dahsyat,

إِنَّ كَيْدَكُنَّ عَظِيمٌ

“Sesungguhnya tipu daya (godaan) kalian wahai para wanita begitu besar” (QS. Yusuf: 28).

Namun dari ayat tersebut, bukan untuk meremehkan godaan dan tipu daya setan sama sekali. Akan tetapi menunjukkan bahwa begitu besarnya godaan dan fitnah wanita bagi kaum laki-laki. Penjelasan beliau di atas dikaitkan dengan berbagai dalil yang menunjukkan bahwa wanita adalah fitnah atau godaan terbesar laki-laki dari semua fitnah atau godaan yang ada.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا تَرَكْتُ بَعْدِى فِتْنَةً أَضَرَّ عَلَى الرِّجَالِ مِنَ النِّسَاءِ

“Tidaklah aku tinggalkan sepeninggalanku fitnah (cobaan) yang lebih berbahaya bagi kaum laki-laki, yaitu (fitnah) wanita” (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain itu dahsyatnya godaan seorang wanita dapat menghilangkan akal sehat laki-laki. Walaupun laki-laki itu adalah orang yang kokoh dan istiqomah beragama. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا رَأَيْتُ مِنْ نَاقِصَاتِ عَقْلٍ وَدِينٍ أَذْهَبَ لِلُبِّ الرَّجُلِ الْحَازِمِ مِنْ إِحْدَاكُنَّ

“Tidaklah aku pernah melihat orang yang kurang akal dan agamanya sehingga dapat menghilangkan akal laki-laki yang teguh selain salah satu di antara kalian wahai wanita” (HR. Bukhari).

Itulah kenapa wanita merupakan godaan tersebesar bagi kaum laki-laki. Maka Allah SWT memberikan rambu-rambu pada wanita agar tetap terjaga dan tidak menimbulkan fitnah bagi kaum laki-laki.

Leave a Comment