Keutamaan Ibadah Puasa Bagi Umat Islam

Keutamaan ibadah puasa bagi umat islam – Secara bahasa puasa dalam bahasa Arab disebut dengan “Ash-Shoum” yang maknanya adalah menahan. Adapun secara istilah, puasa adalah menahan diri pada siang hari dari hal-hal yang membatalkan puasa dengan niat ibadah sejak terbit fajar hingga terbenam matahari.
Ibadah puasa merupakan salah satu ibadah yang di sukai Allah SWT selain itu dengan berpuasa bisa menjaga diri dari kemaksiatan. Terlebih lagi, ibadah puasa yang di jalankan pada saat bulan suci Ramadhan yang memiliki kedudukan mulia. Terdapat keutamaan dan ganjaran pahala yang berlipat ganda bagi umat islam yang berlomba-lomba dalam kebaikan. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS. Al-Baqarah : 183)

Rasulullah SAW bersabda, “Islam dibangun di atas lima perkara: bersaksi bahwa tidak ada ilah (sesembahan) yang berhak disembah melainkan Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya, menegakkan salat, menunaikan zakat, menunaikan haji dan berpuasa di bulan Ramadan.” (HR. Bukhari-Muslim)

Dikutip dari buku “Muslimah Bercahaya” karya Arif Rahman Lubis menjelaskan ada 6 keutamaan ibadah puasa bagi umat islam sebagai berikut :

1. Balasan puasa langsung dari Allah SWT

Hati-hati Jika Muncul Perasaan Ini, Jangan-jangan Pertanda Bahwa Allah  Tidak Ridho pada Hamba-Nya - Sripoku.com
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu berkata, bahwa Rasulullah SAW bersabda,
“ Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah berfirman yang artinya: kecuali amalan puasa, amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabb-Nya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum disisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR Bukhari dan Muslim).

 

2. Bisa masuk pintu surga khusus sebagai ahli puasa yang bernama Ar-Rayyan

Mengenal Ar-Rayyan, Pintu Surga Khusus untuk Orang Puasa
Salah satu keutamaan paling sempurna yang akan didapatkan oleh orang yang berpuasa adalah masuk surga melalui pintu ar-Rayyan. Pintu ar-Rayyan secara khusus diberikan oleh Allah SWT kepada orang yang menjalankan ibadah puasa. Puntu ini tidak akan dilalui oleh siapapun kecuali orang yang berpuasa saja.

Hal ini berdasarkan sebuah hadits shahih yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW bersabda :

“Di dalam surga ada sebuah pintu yang disebut ar-Rayyan. Yang masuk melalui puntu itu di hari kiamat hanyalah orang-orang yang berpuasa, yang lainnya tidak masuk lewat pintu itu. Dan diserukan saat itu, “Manakah orang-orang yang berpuasa?” Maka mereka yang berpuasa bangun untuk memasukinya, sedangkan yang lain tidak. Bilamana mereka telah masuk, maka pintu itu ditutup dan tidak ada lagi yang bisa memasukinya.”” (HR. Bukhari dan Muslim).

3. Doa orang yang berpuasa tidak akan tertolak

Bagi orang yang berpuasa maka ketika berdoa tidak akan tertolak (mustajab). Karena mulai dari semenjak terbit fajar kita menahan diri dari hal yang membatalkan puasa hingga matahari terbenam kita dianjurkan untuk perbanyak berdoa.
Sebagaimana dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu “Tiga orang yang tidak akan ditolak doanya: Imam yang adil, orang yang berpuasa hingga ia berbuka dan orang yang didzalimi.” (HR. Ahmad)

4. Orang yang berpuasa akan mendapatkan syafaat pada hari kiamat

3 Syafaat pada Hari Kiamat, Apa Saja?
Orang yang rajin berpuasa mempunyai kesempatan mendapatkan syafaat pada hari kiamat. Sebagaimana dalam hadist riwayat berikut :
Dari Sayyidina Abdullah bin Amr RA, Baginda Rasulullah SAW bersabda, “Puasa dan Alquran akan memberi syafaat kepada seorang hamba. Puasa akan berkata “Wahai Rabbku, aku telah menghalanginya dari makan dan minum siang hari, maka terimalah syafaatku untuknya. Alquran berkata, ‘Wahai Rabbku aku telah menghalanginya tidur malam hari terima syafaatku untuknya.’ Maka kedua syafaat tersebut diterima.” (HR. Ahmad)

 

5. Puasa dapat menjadi perisai yang melindungi diri dari api neraka

Keutamaan lainnya bagi seorang muslim yang rajin berpuasa adalah dapat menjaga dirinya hawa nafsu dan syahwat serta sebagai perisai pelindung diri dari siksaan api neraka.
Dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu’anhu Rasulullah SAW bersabda, “Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari siksa neraka.” (HR.Ahmad)

 

6. Orang yang berpuasa tubuhnya menjadi sehat

Definisi Sehat Menurut WHO dan Kemenkes, Tidak Hanya Soal Penyakit
Selain mendatangkan pahala yang besar bagi orang yang rajin berpuasa, ada keutamaan lainnya dari puasa yaitu dapat mendatangkan kesehatan raga. Bagi yang punya kelebihan berat badan, puassa dapat mengurangi berat badan. Penelitian membuktikan bahwa asupan kalori orang yang berpuasa akan berkurang dan ini akan mengontrol berat badannya.
Berbagai penyakit metabolisme seperti kegemukan, kencing manis, kolesterol, dan trigliserida tinggi, tekanan darah tinggi, serta kadar asam urat tinggi pelan-pelan sembuh dengan mengendalikan berat badan lewat puasa.
Menurut dr Alexis Carrel, dokter yang meraih Nobel Kesehatan tahun 1912, penyakit yang paling banyak disembuhkan dengan puasa adalah gangguan pencernaan (lambung dan perut). Tapi puasa juga dapat menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan darah dan tulang, misalnya reumatik. Masyaallah

Leave a Comment