Keistimewaan Malam Lailatul Qadar Bagi Umat Islam

Keistimewaan malam Lailatul Qadar bagi umat islam – Seperti yang kita ketahui sebelumnya tentang arti dan makna Lailatul Qadar. Sebagai seorang muslim kita juga perlu mengetahui keistimewaan malam lailatul qadar bagi umat islam. Hal ini akan menumbuhkan semangat dalam beribadah dan beramal terutama di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Meskipun tidak diketahui secara pasti kapan waktu terjadinya malam lailatul qadar.

Berikut adalah beberapa keistimewaan malam Lailatul Qadar bagi umat islam :

 

1) Malam diturunkannya Al-Qur’an

17 Ramadhan Disebut Malam Diturunkannya Alquran, Ini Keistimewaan Nuzulul  Quran yang Jarang Diketahui

Keistimewaan malam Lailatul Qadar bagi umat islam yang pertama adalah pada malam ini terjadi peristiwa diturunkannya Al-Qur’an sebagai petunjuk kebenaran bagi umat manusia. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Qur’an berikut :

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran.” (QS. Al-Baqarah: 185)
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (al-Quran) pada malam kemuliaan” (QS. Al-Qadr: 1)

Ibnu Abbas meriwayatkan mengenai waktu diturunkannya Al-Quran, yaitu

“Al-Quran secara keseluruhan diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah di langit dunia. Lalu diturunkan berangsur-angsur kepada Rasulullah SAW sesuai dengan peristiwa-peristiwa dalam jangka waktu 23 tahun.”

 

2) Malam yang lebih baik daripada seribu bulan

Keutamaan Malam Lailatul Qadar, Terbaik dari Seribu Bulan

Keistimewaan malam Lailatul Qadar bagi umat islam yang kedua adalah malam ini lebih baik daripada seribu bulan. Artinya pada malam Lailatul Qadar menjadi kesempatan bagi umat islam untuk berlomba-lomba dalam beribadah dan beramal. Karena Allah SWT akan membalas pahalanya berlipat ganda dan ibadahnya lebih baik daripada seribu bulan.

Seribu bulan berarti sama dengan 83 tahun 4 bulan. Penafsiran tersebut juga mengacu pada firman Allah SWT dalam surat Al-Qur’an berikut :

Tahukah kamu apa itu lailatul qadar? Lailatul Qadar lebih baik daripada seribu bulan.(Q.S Al-Qadr: 2–3)

 

3) Malam dimana para malaikat turun ke bumi

Malaikat Jibril dan Surga Ma'wa Halaman 1 - Kompasiana.com

Keistimewaan malam Lailatul Qadar bagi umat islam yang ketiga adalah pada malam ini para malaikat turun ke bumi. Banyak malaikat akan diturunkan ke bumi dengan membawa berkah dan rahmat. Selain itu, para malaikat akan berada di sekeliling orang-orang yang sedang melakukan ibadah, membaca Al-Qur’an dan berzikir pada malam ini. Dan malaikat akan meletakkan sayap-sayap mereka pada penuntut ilmu karena malaikat sangat mengagungkan mereka. Allah SWT berfirman dalam surat Al-Qur’an berikut :

“Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.” (Q.S Al-Qadr: 4)

 

4) Malam penentuan takdir satu tahun kedepan

Apa Tujuan Malaikat Turun ke Bumi pada Malam Lailatul Qadar? -  Tribunpontianak.co.id

Keistimewaan malam Lailatul Qadar bagi umat islam yang keempat adalah sebagai malam penentuan takdir selama satu tahun kedepan. Malaikat akan mencatat takdir setiap makhluk untuk satu tahun ke depan yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Untuk itu, inilah menjadi kesempatan kita untuk memperbaiki diri dan memanfaatkannya menabung pahala yang banyak. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Al-Qur’an berikut :

“Pada malam itu, dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.” (QS. Ad-Dukhan: 4)

Ibnu Katsir menerangkan bahwa pada Lailatul Qadar akan dirinci di Lauhul Mahfuzh mengenai penulisan takdir dalam setahun, juga akan dicatat ajal dan rizki. Dan juga akan dicatat segala sesuatu hingga akhir dalam setahun.

 

5) Malam dibukakannya pengampunan yang luas bagi orang yang menghidupkannya

Bacaan Doa Malam Lailatul Qadar Beserta Artinya, Ketahui Keistimewaannya -  Ragam Bola.com

Keistimewaan malam Lailatul Qadar bagi umat islam yang kelima adalah dibukakannya ampunan yang luas bagi orang yang menghidupkannya. Pada malam Lailatul Qadar, Allah SWT membuka pintu ampunan yang luas bagi siapa saja yang meminta ampun kepada-Nya. Seperti yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah bersabda ;

“Barangsiapa menegakkan shalat pada malam Lailatul Qadar atas dorongan iman dan mengharap balasan (dari Allah), diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari, An Nasa’i, dan Ahmad).

Maksud dari kata tersebut adalah seorang muslim hendaknya hanya mengharapkan pahala dari Allah atas ibadah yang dikerjakannya pada malam tersebut. Bukan karena mengharapkan balasan yang lain seperti pujian manusia yang akan menimbulkan sifat riya’.

Keikhlasan dan kesungguhan dalam beribadah inilah yang bisa menjadi jalan bagi seorang muslim untuk mendapatkan ampunan Allah pada malam Lailatul Qadar atas dosa-dosa yang telah dilakukannnya.

 

6) Malam keselamatan bagi umat islam

Dibaca Menjelang Petang hingga Pertengahan Malam 13 Doa Dzikir Meminta  Keselamatan Dunia Akhirat - Tribunmanado.co.id

Keistimewaan malam Lailatul Qadar bagi umat islam yang keenam adalah sebagai jalan keselamatan. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Qur’an berikut :

“Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar” (QS. Al-Qadr: 5)

Makna dalam ayat tersebut menjelaskan bahwa malam Lailatul Qadar penuh dengan keselamatan di mana setan tidak dapat berbuat apa-apa di malam tersebut, baik berbuat jelek atau mengganggu yang lain.

Mujahid mengatakan bahwa malam tersebut banyak yang selamat dari hukuman dan siksa karena mereka melakukan ketaatan pada Allah SWT. Keselamatan malam Lailatul Qadar juga dibuktikan dari firman Allah yang artinya, “Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”

 

7) Malam yang penuh dengan keberkahan

Keistimewaan malam Lailatul Qadar bagi umat islam yang ketujuh adalah malam yang dipenuhi dengan keberkahan. Seperti dijelaskan dalam QS. Ad Dukhan ayat 3-4,

“Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Quran) pada suatu malam yang diberkahi. dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.”

Leave a Comment